Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang

Ciri-Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang - Berdasarkan tingkat perkembangan ekonominya, negara dapat dikelompokkan sebagai negara maju atau berkembang, yaitu dengan melihat beberapa indikator sebagai berikut.

1. Pendapatan nasional per kapita atau Gross National Product (GNP), yaitu dengan cara membagi antara jumlah keseluruhan pendapatan negara per tahun dengan jumlah seluruh penduduk negara tersebut. Jika hasil baginya mencapai lebih dari 10.000 dolar Amerika Serikat (U.S $ 10,000), negara tersebut dapat dikelompokkan sebagai negara maju. Adapun jika hasil baginya kurang dari 80 dolar Amerika Serikat (U.S $ 80), negara tersebut dikelompokkan sebagai negara sedang berkembang.

2. Struktur mata pencarian dari angkatan kerja. Jika persentase tenaga kerja sangat tinggi pada sektor yang memproduksi bahan makanan pokok, negara tersebut dikelompokkan sebagai Negara sedang berkembang.

3. Produktivitas per tenaga kerja. Hal ini dilakukan dengan menentukan keseluruhan jumlah produksi selama kurun waktu satu tahun dibagi dengan jumlah seluruh angkatan kerja.

4. Penggunaan energi perorang. Jika tingkat penggunaan tenaga listrik dan bentuk energi lainnya sangat tinggi, tingkat perkembangan nasionalnya semakin tinggi. Data ini didapatkan dengan melihat kondisi iklim di daerah yang bersangkutan.

5. Fasilitas transportasi dan komunikasi perorang. Hal ini ditentukan dengan jalan mengetahui indeks per kapita dari pengukuran jalan kereta api, jalan raya, hubungan udara, telepon, radio, dan televisi. Jika indeksnya semakin tinggi, semakin tinggi pula tingkat perkembangan nasional dari negara tersebut.

Ciri Negara Berkembang


6. Penggunaan metal yang telah diolah. Hal ini ditentukan oleh jumlah bahan-bahan metal, seperti besi, baja, tembaga, aluminium, dan logam lainnya yang digunakan penduduk selama setahun tertentu. Semakin banyak jumlah yang digunakan, akan semakin tinggi tingkat perkembangan nasional dari negara tersebut.

7. Ukuran-ukuran lainnya dapat pula ditentukan oleh tingka melek huruf penduduk, tingkat penggunaan kalori per orang, persentase pendapatan keluarga yang digunakan untuk membeli bahan makanan, ataupun jumlah tabungan per kapita. Ukuran lain yang digunakan antara lain dari aspek kependudukan.


Berdasarkan ciri kependudukannya, negara maju memiliki ciri sebagai berikut.
1. Tingkat pertumbuhan penduduk rendah.
2. Persebaran penduduk terkonsentrasi di daerah perkotaan.
3. Tingkat kelahiran dan kematian penduduknya rendah.
4. Tingkat buta huruf yang rendah.
5. Tingkat harapan hidupnya tinggi.
6. Pendapatan per kapitanya tinggi.
7. Penduduk wanita berstatus kawin di atas usia 19 tahun dan pada umumnya menggunakan alat kontrasepsi.


Berdasarkan data yang dikeluarkan Bank Dunia (World Bank) pada 1997, World Bank mengklasifikasikan negara-negara di dunia berdasarkan tingkat pendapatan (income) per kapitanya menjadi empat kelompok, yaitu sebagai berikut.
1. Negara-negara berpendapatan rendah (low income) dengan GNP per kapitanya sekitar < US $ 785.
2. Negara berpendapatan menengah (middle income) dengan GNP per kapitanya berkisar antara US $ 785–3.125.
3. Negara berpendapatan menengah tinggi (upper middle income) dengan GNP per kapitanya berkisar antara US $ 3.125–9.655.
4. Negara berpendapatan tinggi (high income) GNP per kapitanya > US $ 9.656.

Berdasarkan pengelompokan pendapatan per kapita tersebut, terdapat 26 negara yang dikategorikan ke dalam kelompok yang berpendapatan tinggi (high income) terdiri atas 24 negara maju dan 2 negara lainnya berasal dari negara berkembang di Asia Barat Daya yaitu Kuwait dan Uni Emirat Arab (UEA). Perhatikan Tabel 6.1 berikut.

Ciri Negara Maju


Berdasarkan ukuran tersebut, dapat disimpulkan bagaimana penggolongan negara maju dan berkembang dilakukan. Ukuran yang pasti dapat dilakukan jika menggolongkannya dalam tiga ukuran sekaligus, yaitu tingkat perekonomian, tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mutu kependudukannya.


Sekian mengenai Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang.

0 Response to "Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang"

Poskan Komentar