Potensi dan Persebaran Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui


Potensi dan Persebaran Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui - Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan dan dihasilkan terus-menerus, baik oleh alam itu sendiri maupun melalui bantuan manusia. Adapun yang tergolong sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah hidrosfer (sungai, danau, waduk, laut) dan atmosfer (angin, suhu, kelembapan, curah hujan, sinar matahari, bulan).

a. Air Sungai

Sungai merupakan suatu sumber daya alam yang sangat penting dan mendukung bagi kehidupan manusia. Pada masa lalu sungai banyak digunakan oleh masyarakat sebagai sarana komunikasi dan transportasi sehingga banyak permukiman yang berkembang di sekitar sungai. Misalnya, sungai-sungai di Pulau Kalimantan (Sungai Kapuas, Sungai Barito, Sungai Mahakam) dan Sumatra (Sungai Musi, Sungai Batanghari, dan Sungai Indragiri).

Potensi dan Persebaran Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui


Sungai berfungsi juga sebagai lokasi wisata, seperti untuk arung jeram, seperti di Sungai Cimandiri (Sukabumi, Jawa Barat) sehingga mendatangkan pendapatan bagi masyarakat di sekitarnya. Sungai dapat juga dijadikan sebagai sarana pengairan bagi sejumlah lahan pertanian. Sungai sebagai zona kehidupan merupakan tempat perkembangbiakan biota air, seperti ikan dan sejenisnya. Biota tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Selain itu, sungai berfungsi sebagai penyedia air untuk kebutuhan rumah tangga. Beberapa sungai besar di Pulau Jawa yang memiliki potensi yang besar, di antaranya Sungai Citarum, Cimanuk, Serayu, dan Bengawan Solo.

Manfaat dan nilai ekonomi sungai jarang dijadikan pertimbangan manusia. Kadangkala sungai diperlakukan tidak sesuai dengan fungsinya sebagai pendukung kehidupan manusia. Jika fungsi sungai dipertahankan, sumber daya alam tersebut akan terus menerus memberikan manfaat sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Beberapa tindakan manusia yang mengakibatkan sungai menjadi rusak dan tidak berfungsi sebagaimana mestinya, di antaranya sebagai berikut.
1) Membuang sampah ke sungai.
2) Merusak tanggul/bantaran sungai dengan cara mendirikan bangunan, mengurug (menimbun) pinggir sungai sehingga sungai menjadi sempit, dan menebang tanaman penguat tanggul sungai.
3) Mencemari sungai dengan air limbah dari rumah tangga, bengkel industri, dan rumah sakit.

b. Danau dan Waduk

Danau dan waduk berdasarkan bentuk genangannya hampir sama, tetapi proses pembentukannya berbeda. Danau terbentuk secara alamiah oleh proses geologi (tenaga endogen), tektonisme, maupun vulkanisme. Adapun waduk merupakan buatan manusia dengan membuat tanggul atau bendungan sehingga air sungai naik dan menggenangi daerah tersebut. Danau dan waduk berfungsi sebagai pengatur sungai terutama pada waktu hujan agar sungai tidak meluap, tempat rekreasi, tempat olah raga air, pembangkit tenaga listrik, pengairan bagi lahan pertanian, sumber air bersih, meningkatkan cadangan air tanah karena proses resapan, dan tempat budidaya ikan tawar.

waduk


Beberapa danau dan waduk yang cukup potensial, di antaranya Waduk Jatiluhur, Cirata, Saguling, Kedungombo, Danau Batur, Toba, Maninjau, Singkarak, Kerinci, Ranau, Luar, Bekuan, Jempang, Semayang, Riam Kanan, Poso, Matana, Towuti, Tempe, Limboto, Tondano, dan Panjai.

Beberapa tindakan manusia yang membuat danau dan waduk tidak berfungsi dengan baik, di antaranya sebagai berikut.
1) Mengubah penggunaan lahan di bagian hulu sungai menjadi penggunaan lahan yang tidak dapat menahan air dan terjadi erosi, seperti penebangan hutan lindung menjadi vila, tegalan, atau lainnya.
2) Penggunaan lahan yang tidak disertai dengan tindakan konservasi mengakibatkan pendangkalan dan memperpendek umur fungsi danau dan waduk.
3) Membuang limbah dari rumah tangga, bengkel, industri, dan rumah sakit sehingga kualitas air danau dan waduk menurun.

c. Laut

Laut sebagai salah satu sumber daya alam yang dapat diperbarui dapat menghasilkan berbagai jenis ikan yang sangat kaya akan protein hewani. Jika pemanfaatan laut disesuaikan dengan laju pertumbuhan ikan, sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan secara terus menerus sampai batas waktu yang tidak ditentukan.

Laut dapat memberikan manfaat yang sangat besar, antara lain sebagai berikut.
1) Sumber protein hewani
2) Sumber rumput laut untuk obat-obatan dan sumber makanan
3) Tempat rekreasi bahari
4) Sumber oksigen yang berasal dari fotosintesis fitoplankton
5) Sarana pengangkutan, komunikasi, dan transportasi

laut


6) Sumber uap air untuk kepentingan siklus hidrologi
7) Gelombang dan arus lautnya dapat dimanfaatkan sebagai tenaga listrik

Sumber daya laut akan memberikan manfaat yang optimal selama masyarakat tidak merusaknya. Beberapa tindakan manusia yang menyebab kan laut menjadi rusak, di antaranya sebagai berikut.
1) Mengambil ikan dengan jaring yang halus dan bahan peledak dapat mengakibatkan semua jenis ikan mulai yang besar sampai yang kecil dapat terjaring.
2) Membuang limbah (rumah tangga, bengkel, industri, dan rumah sakit) ke laut sehingga biota laut mati dan tercemar.
3) Air sungai yang terlalu pekat oleh sedimen (lumpur dan lempung) akibat proses erosi dapat mengakibatkan air laut menjadi keruh, biota laut mati, dan sinar matahari tidak menembus ke dasar laut sehingga proses fotosintesis tidak terjadi.
4) Pengambilan terumbu karang dan penebangan hutan yang tidak terkendali.
5) Kebocoran/kecelakaan kapal tanker yang membawa minyak bumi maupun limbah nuklir mengakibatkan biota laut menjadi mati.
6) Kebocoran atau limbah penambangan minyak bumi di lepas pantai (off shore) mengakibatkan laut jadi rusak dan tercemar.

d. Angin

Angin merupakan salah satu sumber daya alam yang dihasilkan karena perbedaan tekanan udara akibat adanya perbedaan penyinaran matahari dan sifat batuan. Angin (udara) sangat membantu dalam kehidupan manusia karena berfungsi sebagai penampung berbagai gas atau unsur yang dibutuhkan, seperti O2, O3, dan N; sebagai pengaduk udara agar memiliki komposisi yang hampir sama; sebagai pembawa uap air sehingga dapat men distribusikan hujan ke berbagai wilayah; dan kekuatan angin yang tetap dapat dimanfaatkan sebagai tenaga listrik dan tenaga untuk memompa air, seperti yang ada di negeri Belanda. Sumber daya alam tersebut dapat bermanfaat secara terus menerus sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Sumber daya angin/udara akan memberikan manfaat secara optimal selama masyarakat tidak merusaknya. 

Beberapa tindakan manusia yang menyebabkan angin/udara menjadi tidak bermanfaat, di antaranya sebagai berikut.
1) Memasukkan polutan ke udara melalui cerobong industri dan knalpot kendaraan.
2) Memasukkan CO2 yang akan dibawa oleh angin ke lapisan atmosfer dan membentuk suatu lapisan serta menyebabkan efek rumah kaca.
3) Memasukkan limbah sulfur sehingga menyebabkan hujan asam dan merusak semua bangunan dan organisme di permukaan bumi.
4) Mengganggu kestabilan udara oleh proses industri sehingga menyebabkan adanya angin badai, tornado, dan sejenisnya.

e. Suhu, Kelembapan Udara, dan Sinar Matahari

Suhu dan kelembapan udara sangat dipengaruhi sinar matahari. Semakin tinggi sinar matahari menyinari permukaan bumi maka suhu udaranya relatif akan semakin tinggi. Adapun untuk kelem bapan dipenga ruhi juga oleh uap air yang ada di sekitarnya.

Suhu, kelembapan, dan sinar matahari tergolong sumber daya alam yang dapat diperbarui karena dapat bermanfaat secara terus menerus sampai batas waktu yang tidak ditentukan. 

Manfaat tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut.
1) Suhu udara sebagai media pengering.
2) Kelembapan udara sebagai media pengatur cuaca sehingga dapat memperkecil perbedaan suhu udara.
3) Sinar matahari sebagai sumber energi.

Suhu udara, kelembapan, dan sinar matahari akan memberikan manfaat yang optimal selama masyarakat tidak merusaknya. Beberapa tindakan manusia yang menyebabkan suhu udara, kelembapan, dan sinar matahari menjadi tidak bermanfaat, di antaranya sebagai berikut.
1) Penggunaan bahan bakar fosil (minyak bumi dan batubara) yang berlebihan sehingga akumulasi CO2 dan SO2 di atmosfer berlebihan. Akibatnya, terjadi pemanasan global dan hujan asam di muka bumi.
2) Menutup permukaan tanah dengan beton dan genteng sehingga suhu menjadi tinggi dan kelembapan semakin rendah.

suhu


3) Penggunaan mesin industri yang tidak ramah lingkungan sehingga mengeluarkan asap dan debu. Akibatnya, udara semakin gelap, jarak pandang semakin rendah (berbahaya bagi arus lalu lintas darat, udara, dan laut), serta proses fotosintesis menjadi tidak sempurna.

f. Bulan

Bulan merupakan salah satu sumber daya alam karena kemampuan memantulkan sinar matahari sehingga dapat menerangi per mukaan bumi walaupun tidak seterang matahari. Bagi sebagian masyarakat perdesaan, pantulan sinar bulan sangat membantu untuk penerangan di malam hari.

Selain itu, sumber daya bulan yang sangat bermanfaat adalah gravitasinya sehingga menyebabkan adanya pasang dan surut air laut. Tenaga ini dapat dijadikan media untuk mengatur aliran air irigasi bagi sebagian daerah pertanian pasang surut. Tenaga aliran akibat pasang dan surut dapat juga dimanfaatkan menjadi tenaga pembangkit listrik walaupun dalam skala yang terbatas.

Sumber daya bulan akan memberikan manfaat yang optimal selama masyarakat tidak merusaknya. Beberapa tindakan manusia yang menyebabkan bulan menjadi tidak bermanfaat di antaranya adalah mencemari atmosfer sehingga menjadi gelap dan jarak pandang yang rendah, akibatnya pantulan bulan tidak sampai ke permukaan bumi.




Sekian materi mengenai Potensi dan Persebaran Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui dari Geografisku, semoga bermanfaat.

0 Response to "Potensi dan Persebaran Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbarui"

Poskan Komentar