Klasifikasi, Tabulasi Data, dan Pembuatan Grafik Peta





1. Klasifikasi Data

Mengapa data perlu diklasifikasikan? Apakah yang Anda ketahui mengenai klasifikasi data. Klasifikasi data dilakukan untuk mempermudah pembacaan dan penggambaran data ke dalam bentuk peta. Secara sederhana klasifikasi data sering diartikan juga pengelompokan data. Klasifikasi data dilakukan pada data yang jumlahnya banyak dan sifatnya sangat variatif. Berikut disajikan contoh cara klasifikasi data:

Berikut ini disajikan contoh dari klasifikasi, tabulasi dan pembuatan grafik. Jika diketahui data siswa di Kelas XII SMA Mutiara sebanyak 35 orang. Komposisi kelas terdiri atas siswa laki-laki dan perempuan. Jumlah siswa laki-laki 20 orang, sedangkan siswa perempuan 15 orang. Berikut klasifikasi data siswa SMA Mutiara berdasarkan jenis kelamin dan tinggi badan.

Klasifikasi, Tabulasi Data, dan Pembuatan Grafik Peta



2. Tabulasi Data

Pada kegiatan observasi, Anda sering dihadapkan pada data yang jumlahnya banyak dan variatif. Misalnya, ada pihak yang meminta jumlah data berdasarkan jenis kelamin, Anda akan mendapatkan kesulitan. Oleh karena itu harus dibuat tabulasinya terlebih dahulu. Bentuk tabulasi dapat disajikan ke dalam bentuk tabel, grafik, dan atau diagram. Jika sudah ditabulasi, Anda dapat melihat data yang mencerminkan keadaan sesungguhnya dari suatu wilayah atau suatu fenomena dalam tempo yang tidak terlalu lama. Misalnya, data berikut dibuat berdasarkan data dari Tabel 1.1 dengan meng gunakan interval 5.

Klasifikasi, Tabulasi Data, Peta




3. Pembuatan Grafik

Data dapat juga ditampilkan dalam bentuk grafik. Penampilan data melalui grafik, membuat data lebih menarik dan lebih mudah untuk dipahami. Berikut ini adalah berbagai bentuk grafik yang diolah dari data pada Tabel 1.2.

a. Grafik lingkaran (pie graph), yaitu grafik yang berupa lingkaran dengan jari-jari lingkaran yang membagi lingkaran itu secara proposional antara sudut lingkaran dengan persentase data.


Pembuatan Grafik Peta

Langkah-langkah membuat grafik lingkaran antara lain sebagai berikut.
1) Pengambilan data, misalnya data jumlah penduduk, curah hujan, atau mata pencaharian utama penduduk.
2) Mengalihkan data ke dalam bentuk persentase (%) terhadap total jumlah data.
3) Membuat lingkaran dan jari jari dengan perbandingan yang proporsional antara persentase data dengan sudut lingkaran.

b. Grafik batang (bar graph), yaitu grafik yang datanya digambarkan oleh segi empat, baik yang berbentuk horizontal maupun vertikal. Grafik batang dapat difungsikan sebagai media penjabaran dinamika dan komposisi penduduk. Berikut disajikan grafik batang berdasarkan data pada Tabel 1.2.

Grafik Peta



c. Grafik garis (line graph), yaitu grafik yang datanya digambarkan dalam bentuk garis atau titik-titik. Grafik garis juga disajikan dengan sumbu. Berikut contoh grafik garis berdasarkan data pada Tabel 1.2.


Grafik Peta 1




Sekian materi mengenai Klasifikasi, Tabulasi Data, dan Pembuatan Grafik Peta dari Geografisku, Semoga bermanfaat.

0 Response to "Klasifikasi, Tabulasi Data, dan Pembuatan Grafik Peta"

Poskan Komentar