Rangkuman Materi Atmosfer dan Hidrosfer



Petir dan kilat menyambar ketika hujan turun dengan deras. Suaranya menggelegar. Kamu tentu bertanya dalam benakmu, apa penyebab munculnya gejala cuaca tersebut? Gejala cuaca dan iklim merupakan kajian dari dinamika atmosfer yang akan dibahas pada bab berikut.

Selain itu, pada bab ini kamu akan mengkaji hidrosfer. Hidrosfer terkait dengan kawasan perairan di muka bumi, di antaranya rawa, sungai, dan laut. Indonesia memiliki bentang perairan yang luas hampir mencapai 70% dari luas wilayah Indonesia. Bagaimana pengaruhnya bagi kehidupan masyarakat?



Rangkuman Materi Atmosfer dan Hidrosfer


Pertanyaan-pertanyaan yang terlontar dalam benak mu akan dibahas pada kajian bab berikut tentang Atmosfer dan Hidrosfer. Ketercapaian pemahaman materi akan kamu dapatkan dengan mengamati peta konsep berikut. Peta konsep akan memberikan gambaran umum tentang materi yang akan dipelajari.


Ikhtisar

Atmosfer berasal dari bahasa Yunani, yaitu atmos yang berarti udara dan spaira yang berarti lapisan. Oleh karena itu, atmosfer diartikan sebagai lapisan udara yang menyelimuti bumi.

Atmosfer terdiri atas lima lapisan, yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer.

Cuaca adalah kedaan udara di suatu tempat dengan cakupan wilayah yang relatif sempit dan waktu yang relatif singkat. Iklim adalah keadaan cuaca rata-rata dengan cakupan wilayah yang relatif luas dan waktu yang relatif lama.

Ilmu cuaca disebut meteorologi, sedangkan ilmu yang mempelajari iklim disebut klimatologi.

Unsur-unsur cuaca dan iklim, yaitu suhu udara, tekanan udara, angin, kelembapan udara, awan, dan hujan. Unsur-unsur tersebut tidak saling ber diri sendiri, melainkan memiliki hubungan timbal balik antara yang satu dan yang lainnya.

Ramalan cuaca adalah menentukan seperti apakah cuaca yang terjadi dengan memerhatikan perubahan di udara dan pola pola cuaca yang pernah terjadi sebelumnya.

Hidrosfer adalah semua bentuk air yang ada di bumi yang berbentuk cair, uap, maupun padat. Hidrosfer dipelajari dalam ilmu Hidrologi.

Rangkaian perubahan air, baik mengenai posisi geografisnya maupun mengenai wujud fisiknya disebut daur air atau siklus air.

Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah keseluruhan wilayah yang airnya berpelepasan pada sungai utama bersama dengan anak-anak sungainya.

Danau adalah daratan yang berbentuk cekung dengan ukuran relatif luas sebagai tempat penampungan air. Danau terbagi tiga, yaitu danau tektonik, vulkanik, dan tektovulkanik.

Rawa adalah tanah basah yang selalu di genangi air secara alami karena sistem pelepasan air (drainase) yang buruk atau karena letaknya lebih rendah dari daerah di sekelilingnya.

Pengukuran batas wilayah laut suatu negara sesuai dengan hukum laut internasional dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu batas laut teritorial, batas landas kontinen, dan batas zona ekonomi eksklusif.


0 Response to "Rangkuman Materi Atmosfer dan Hidrosfer"

Posting Komentar