Air Tanah dan Air Permukaan serta Manfaatnya

Air Tanah dan Air Permukaan serta Manfaatnya - Adalah mari kita bahas dengan materi dibawah ini:


Air Tanah
Air tanah adalah bagian air yang berada di bawah permukaan tanah. Air tanah yang berada di litosfer jumlahnya sekitar 0,62% dari seluruh hidrosfer. Berdasarkan tempatnya, air tanah digolongkan menjadi dua bagian, yaitu air tanah dangkal (soil water) dan air tanah dalam (ground water).

Air Tanah dan Air Permukaan serta Manfaatnya


Air tanah dangkal adalah air tanah yang terdapat dalam pori-pori lapisan tanah paling atas yang ada hanya pada musim hujan. Air tanah dalam adalah air tanah yang terdapat di antara dua lapisan yang kedap air (akuifer). Air tanah memiliki berbagai kegunaan bagi kehidupan manusia, antara lain untuk keperluan rumah tangga, keperluan industri, dan keperluan pertanian, misalnya pengairan sawah.



Sungai
Sungai adalah massa air tawar yang mengalir pada suatu lembah secara alamiah dari sumbernya yang bermuara ke danau, rawa, atau laut. Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah keseluruhan wilayah yang airnya berpelepasan pada sungai utama (sungai induk) bersama dengan anak-anak sungainya. Misalnya, DAS Kapuas, DAS Serayu, dan DAS Ci Manuk.



Danau
Danau adalah sebagian permukaan bumi (daratan) yang berbentuk cekungan dengan ukuran relatif luas yang merupakan tempat penampungan air yang berasal dari air hujan, sungai, air tanah, dan mata air. Berdasarkan proses terjadinya, danau dibedakan menjadi enam macam, yaitu sebagai berikut.
a. Danau Vulkanik, yaitu danau yang terbentuk karena letusan gunungapi yang sangat kuat. Pada saat gunung meletus dengan kuat, kerucut gunungapi dapat terlempar sehingga pada bidang letusan akan terbentuk cekungan besar. Misalnya, Danau Kalimutu (Flores) dan Danau Batur (Bali).
b. Danau Tektonik, yaitu danau yang terbentuk karena proses tektonisme atau pergeseran lapisan kulit bumi. Patahnya lapisan kulit bumi menyebabkan sebagian lapisan kulit bumi mengalami penurunan. Jika daerah tersebut terisi air, terbentuklah danau tektonik. Misalnya, Danau Poso dan Danau Towuti (Sulawesi), serta Danau Singkarak dan Danau Maninjau (Sumatra).
c. Danau Tektovulkanik, yaitu danau yang terbentuk dari gabungan tenaga vulkanik dan tektonik. Misalnya, Danau Toba dan Danau Ranau (Sumatra).
d. Danau Buatan atau Waduk, yaitu danau yang terjadi karena adanya aliran sungai yang sengaja dibendung oleh manusia. Misalnya, Waduk Gajah Mungkur, Waduk Karangkates, dan Waduk Jatiluhur.

Air Tanah dan Air Permukaan serta Manfaatnya 2


e. Danau Karst (Dolina), yaitu danau yang terbentuk karena larutnya batuan kapur oleh air secara kimiawi. Danau ini hanya dapat dijumpai di daerah karst atau kapur, seperti di Gunung Kidul, Yogyakarta.
f. Danau Gletser, yaitu danau yang terbentuk oleh pengikisan gletser dan membentuk cekungan. Misalnya, The Great Lake di Amerika Utara. Danau dapat memberikan manfaat bagi manusia, antara lain sebagai sebagai pembangkit tenaga listrik, daerah wisata dan olahraga, sumber irigasi, tempat budi daya ikan air tawar, dan pencegah banjir.


Sebelumya mengenai Macam Macam Klasifikasi Sungai ini dapat menmabah pengetahuan anda.



Rawa
Rawa adalah tanah basah yang selalu digenangi air secara alami karena sistem pelepasan air (drainase) yang buruk atau karena letaknya lebih rendah dari daerah di sekelilingnya. Rawa dapat dikelompok kan menjadi dua macam, yaitu sebagai berikut.
a. Rawa Pantai, yaitu rawa berlumpur yang terletak di tepi pantai dan dipengaruhi pasang surut air laut.
b. Rawa Pedalaman, yaitu rawa yang terbentuk jauh yang keadaan airnya dipengaruhi oleh air hujan. Manfaat dari rawa bagi kehidupan manusia yaitu, dapat ditanami padi, menghasilkan kayu, tempat budi daya ikan, tempat pemukiman dengan rumah bertiang tinggi dan perahu transportasinya.

Air Tanah dan Air Permukaan serta Manfaatnya 3



0 Response to "Air Tanah dan Air Permukaan serta Manfaatnya"

Posting Komentar