Macam Jenis Persebaran Flora di Indonesia

Macam Jenis dan Persebaran Flora di Indonesia - Adalah Indonesia kaya akan keragaman flora yang khas (endemik). Flora dapat diartikan sebagai dunia tumbuhtumbuhan. Pernahkah kamu memerhatikan jenis-jenis tanaman yang berada di sekitar tempat tinggalmu? Adakah pohon-pohon yang tumbuh di lingkungan sekitarmu? Apakah tanaman tersebut merupakan tanaman khas yang hanya dapat ditemui di tempat itu saja? Atau kamu juga pernah menemukannya di tempat lain? 


Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Dapatkah kamu menjawabnya? Flora dan fauna memiliki pola persebaran tertentu. oleh beberapa faktor, yaitu sebagai berikut.

1) Faktor Fisik
a) Iklim, yaitu meliputi suhu udara penyinaran matahari, angin, dan curah hujan.
b) Tanah, yaitu meliputi komposisi, jenis, struktur, dan tekstur tanah.
c) Relief, yaitu tinggi rendahnya permukaan bumi. Perbedaan relief akan berpengaruh terhadap intensitas penyinaran matahari.
d) Keadaan air, berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman dan menentukan jenis tanaman.

Oleh karena itu, kamu sudah mengetahui jawaban mengapa jenis flora yang berada di dataran tinggi berbeda dengan jenis flora yang ada di dataran rendah. Atau mengapa tanaman kaktus akan busuk jika terlalu banyak disiram oleh air. Hal-hal tersebut disebabkan faktor iklim, tanah, relief, dan kedaan air yang berpengaruh terhadap persebaran dan jenis flora.

2) Faktor Biotik (Makhluk Hidup)
a) Manusia
Sedikit banyak manusia memiliki peranan dalam persebaran dan variasi jenis tanaman. Tahukah kamu mengapa di negara Korea terdapat pohon sakura yang merupakan tanaman khas negara Jepang? Atau tahukah kamu bahwa pada zaman dahulu untuk menghasilkan beras dibutuhkan waktu selama enam bulan. Namun, sekarang dalam waktu seratus hari kita sudah dapat memanen padi dan menghasilkan beras. Jawabannya karena manusialah yang berperan terhadap persebaran dan variasi jenis tanaman di muka bumi.
b) Hewan
Selain manusia, hewan pun dapat memengaruhi keberadaan tumbuhan. Hewan dapat membantu menyebarkan tumbuhan. Misalnya, seekor burung yang memakan buah-buahan kemudian menjatuhkan atau membuang biji buah tersebut di daerah lain atau lebah yang hinggap pada suatu kuntum bunga untuk menghisap madu kemudian hinggap pada bunga yang lain. Lebah secara tidak langsung telah membantu proses penyerbukan tanaman.

Macam Jenis Persebaran Flora di Indonesia


Berdasarkan iklim dan keadaan tanah di Indonesia, jenis flora dapat dibedakan ke dalam beberapa wilayah, yaitu sebagai berikut.
1) Kalimantan, Sumatra, dan Papua terutama daerah di sepanjang garis khatulistiwa, merupakan wilayah iklim tropis dengan curah hujan yang tinggi. Keadaan tanah di daerah ini subur sehingga banyak dijumpai tumbuhan yang lebat dan rindang. Di daerah ini banyak ditemukan hutan hujan tropis. Hutan hujan tropis adalah jenis hutan yang memiliki aneka ragam tumbuhan yang tumbuh sangat lebat sehingga permukaannya selalu basah, berlumut, dan gelap karena sinar matahari tidak dapat langsung menyinari permukaan tanah karena terhalang oleh kanopi (tudung) pohon yang lebat.
2) Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagian wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan daerah yang beriklim tropis dengan perbedaan yang sangat tegas antara musim penghujan dan musim kemarau. Pada musim penghujan biasanya tumbuhan di daerah ini akan tumbuh dengan hijau dan subur. Musim kemarau daun-daun mulai meranggas berguguran. Tanaman yang banyak tumbuh di wilayah ini adalah jati, bambu, dan randu (kapuk).
3) Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki curah hujan sedikit sehingga tanahnya kering dan sedikit mengandung air. Tumbuhan yang paling dominan tumbuh di daerah ini adalah rumput. Oleh karena itu, di wilayah ini banyak ditemui sabana dan stepa. Sabana adalah padang rumput yang diselingi semak-semak atau pepohonan yang bergerombol. Adapun stepa adalah padang rumput yang luas tanpa diselingi pepohonan dikarenakan curah hujannya kurang dari 250 mm/tahun.

Macam Jenis Persebaran Flora di Indonesia 1


Berdasarkan tinggi rendahnya suatu tempat, jenis flora di Indonesia dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.
1) Wilayah Dataran Tinggi
Wilayah dataran tinggi biasanya memiliki faktor fisik tanah yang relatif subur dan udara yang sejuk. Tumbuhan yang cocok ditanam di daerah ini adalah teh, sayur-sayuran, buah-buahan, dan bungabungaan. Tumbuhan besar yang sering dijumpai adalah kopi, kina, cengkih, dan pohon pinus.


Sebelumnya mengenai Macam dan Jenis Tanah di Indonesia ini dapat menambah pengetahuan anda


2) Wilayah Dataran Rendah
Pemanfaatan lahan di daerah ini biasanya diguna kan untuk daerah permukiman penduduk sehingga tanamannya sebagian besar merupakan tanaman budi daya, seperti padi, ketela, jagung, tebu, tembakau, dan tanaman palawija lainnya.
3) Wilayah Pantai
Di daerah tepi pantai banyak ditemukan rawarawa yang penuh dengan pohon bakau (mangrove). Oleh karena itu, vegetasi yang banyak ditemui di daerah ini adalah hutan bakau. Banyak sekali manfaat dari hutan bakau, di antaranya adalah sebagai tempat budi daya perikanan payau serta bermanfaat untuk menahan gelombang pasang dan abrasi pantai dari gelombang air laut.


0 Response to "Macam Jenis Persebaran Flora di Indonesia"

Posting Komentar