Rangkuman Materi Peta, Atlas, dan Globe



Bentukan muka bumi di setiap wilayah berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui lokasi dari bentukan tersebut, kamu dapat mencarinya melalui peta, atlas, atau globe. Tahukah kamu tentang ketiga media pembelajaran dalam kajian geografi tersebut?

Para penjelajah mengawali perjalanannya melalui peta. Jika kita takut tersesat, bawalah peta dalam setiap kesempatan mengunjungi daerah yang masih asing di benak kita. Ayo, manfaatkan peta, atlas, dan globe dalam kehidupan sehari-hari. Kajian peta, atlas, globe, serta komponen dalam peta akan dipelajari pada materi berikut. Untuk mempermudah pemahaman kamu tentang materi tersebut, maka cermati dan amati materi berikut.


Rangkuman Materi Peta, Atlas, dan Globe





Iktisar Materi

Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar dengan skala atau perbandingan ter tentu melalui penentuan sistem proyeksi.

Peta yang baik harus sama bentuk (conform), memiliki jarak sama (equidistant), dan memiliki sama luas (equivalent).

Komponen peta terdiri atas judul, skala, petunjuk arah, simbol dan warna, inset dan indeks peta, grid, nomor peta, sumber atau keterangan peta, serta leterring.

Atlas merupakan buku yang berisi kumpulan berbagai jenis peta, diagram, foto, serta dibuat sebagai jendela untuk melihat dunia.

Globe adalah tiruan bola bumi yang berbentuk tiga dimensi. Globe yang pertama diciptakan oleh Anaximander (abad ke-6 SM).

Garis bujur adalah garis khayal pada peta yang membujur dari arah utara ke selatan. Adapun garis lintang adalah garis khayal di peta yang melintang dari barat ke timur.

Manfaat dari globe antara lain sebagai berikut.
a. Menentukan tempat dan lokasi di muka bumi yang telah diketahui angka derajat lintang dan bujurnya.
b. Mengetahui keadaan iklim suatu negara.
c. Mengetahui perbedaan waktu di berbagai negara.



Inilah Rangkuman Materi Peta, Atlas, dan Globe. Semoga apa yang ada dalam materi dapat membantu semua yang membutuhkan.


0 Response to "Rangkuman Materi Peta, Atlas, dan Globe"

Posting Komentar