Pengertian Jenis dan Contoh Skala Pada Peta

Pengertian Jenis dan Contoh Skala Pada Peta - Adalah mari sama sama membahasnya dengan rangkuman materi dibawah ini:



Pengertian Skala Peta

Pernahkah kamu menggunakan peta untuk menentukan jarak antara dua tempat? Setelah letak dua tempat ditemukan, apa langkah selanjutnya? Kamu melihat skala peta, bukan? Skala peta merupakan komponen peta yang penting karena dengan skala peta dapat diketahui jarak antara dua tempat. Skala peta adalah perbandingan antara jarak di peta dan jarak sebenarnya di muka bumi. Jika pada peta tertulis skala 1:1.000.000, ini berarti tiap jarak 1 bagian sama dengan jarak 1.000.000 bagian di muka bumi. Jika di peta itu 1 bagian = 1 cm, di muka bumi = 10 km.

Pengertian Jenis dan Contoh Skala Pada Peta


Ukuran jarak yang digunakan dalam peta, yaitu cm, m, km, inci, dan mil. Untuk di Indonesia, satuan yang umum dipakai adalah cm, m, atau km.



Jenis Jenis Skala Peta

Skala peta dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu sebagai berikut.

1) Skala Angka (Numerical Scale)
Skala ini sering disebut skala numerik, yaitu skala yang dinyatakan dalam bentuk perbandingan angka. Contoh: skala 1:100.000 dan skala 1:2.000.000. Pada peta berskala 1:100.000, berarti tiap satuan panjang pada peta menggambarkan jarak yang sesungguhnya di lapangan. Jika satuan panjang meng - gunakan cm berarti tiap jarak 1 cm pada peta menggambarkan jarak 100.000 di lapangan.
2) Skala Verbal
Skala verbal adalah skala yang dinyatakan dengan kalimat atau kata-kata. Skala ini disebut juga skala inci berbanding mil yang dalam bahasa Inggris disebut "Inch Mile Scale". Contoh: skala dalam suatu peta dinyatakan dalam 1 inch to 5 miles, ini berarti jarak 1 inci di peta menggambarkan jarak 5 mil di lapangan atau jarak sebenarnya.
3) Skala Garis (Line Scale) atau Skala Grafik (Graphical Scale)
Skala ini dinyatakan dalam bentuk garis lurus yang terbagi dalam beberapa bagian yang sama panjangnya. Pada garis tersebut dicantumkan ukuran jarak yang sesungguhnya di lapangan, seperti dalam meter, kilometer, feet, atau mil.

Jenis Jenis Skala Peta


Dengan penyajian garis tersebut dapat dibaca bahwa jarak antara dua angka di peta = 1 km di lapangan. Jadi jika antara 0 – 1, 1 – 2, 2 – 3, 3 – 4, dan 4 – 5 masing-masing = 1 cm, artinya 1 cm pada peta = 1 km di lapangan.

Jenis Jenis Skala Peta 2




Materi terkait mengenai Pengertian Fungsi dan Syarat Peta yang Baik ini dapat menambah pengetahuan anda


Dari garis tersebut dapat dibaca bahwa tiap jarak 1 inci pada peta sama dengan 2 mil di lapangan. Semakin besar skalanya, akan semakin kecil ketampakan wilayah yang digambarkan. Sebaliknya, semakin kecil skalanya semakin luas areal ketampakannya. Perhatikan contoh berikut.
a) Skala 1 : 50.000 lebih besar dari 1 : 100.000.
b) Skala 1 : 200.000 lebih besar dari 1 : 2.000.000.
c) Skala 1 : 250.000 lebih kecil dari 1 : 50.000.


0 Response to "Pengertian Jenis dan Contoh Skala Pada Peta"

Posting Komentar