Identitas Atlas dan Globe

Identitas Atlas dan Globe - Bentukan muka bumi di setiap wilayah berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui lokasi dari bentukan tersebut, kamu dapat mencarinya melalui peta, atlas, atau globe. Tahukah kamu tentang ketiga media pembelajaran dalam kajian geografi tersebut?

Para penjelajah mengawali perjalanannya melalui peta. Jika kita takut tersesat, bawalah peta dalam setiap kesempatan mengunjungi daerah yang masih asing di benak kita. Ayo, manfaatkan peta, atlas, dan globe dalam kehidupan sehari-hari. Kajian peta, atlas, globe, serta komponen dalam peta akan dipelajari pada materi berikut. Untuk mempermudah pemahaman kamu tentang materi tersebut, maka cermati dan amati materi berikut.


Pengertian Atlas

Atlas merupakan buku yang berisi kumpulan berbagai jenis peta, diagram, foto, serta dibuat sebagai jendela untuk melihat dunia.


Jenis-Jenis Atlas

a. Atlas Tematik
Atlas tematik menyajikan tema tunggal. Misalnya atlas sejarah, atlas budaya, dan atlas geografi.
b. Atlas Politik
Jenis atlas ini menunjukkan negara-negara di dunia. Atlas politik juga dapat digunakan untuk menunjukkan provinsi dan batas-batas wilayah lainnya.
c. Atlas Fisiografi
Bentang lahan dari sebuah wilayah dapat ditampilkan melalui atlas fisiografi. Misalnya rangkaian pegunungan, dataran tinggi, sungai, lautan, dan bentang lahan lainnya.



Sebelumnya mengenai Macam dan Jenis Peta ini dapat menambah pengetahuan anda


Globe

Globe berasal dari bahasa latin globus yang berarti bulatan atau bola. Globe adalah tiruan bola bumi yang diperkecil dalam bentuk tiga dimensi. Posisi globe tidak tegak lurus, tetapi miring 66, 5º terhadap bidang horizontal sesuai dengan posisi bumi sesungguhnya.

Globe dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, antara lain sebagai berikut.
a. Menunjukkan bentuk bumi yang sesungguhnya.
b. Menunjukkan sistem garis lintang dan garis bujur.
c. Menggambarkan permukaan bumi secara utuh.
d. Memperagakan sistem perputaran bumi.
e. Memperagakan terjadinya siang dan malam.

Identitas Atlas dan Globe

Globe pertama diciptakan oleh Anaximander pada abad ke-6 SM. Terkenal pula globe dari Raja Louis XIV yang bergaris tengah 3,5 meter dan globe ciptaan Martin Behain (1492, Nurnberg) yang dikenal dengan globe modern pertama. Globe langit pertama diciptakan oleh Eudoxus.


0 Response to "Identitas Atlas dan Globe"

Posting Komentar