Permasalahan Kependudukan Berkaitan dengan Kuantitas dan Kualitas Penduduk

Permasalahan Kependudukan Berkaitan dengan Kuantitas dan Kualitas Penduduk - Pertumbuhan penduduk yang pesat dan tidak merata serta tanpa diimbangi dengan pencapaian kualitas SDM yang tinggi mengakibatkan muculnya berbagai permasalahan-permasalahan kependudukan.

Kemiskinan merupakan ketidakmampuan seseorang untuk memenuhi kebutuhan materiil dasar berdasarkan standar tertentu. Adapun standar ini lebih dikenal dengan garis kemiskinan, yaitu tingkat pengeluaran atas kebutuhan pokok yang meliputi sandang, pangan, papan secara layak.
Upaya yang berbeda juga dapat diterapkan untuk menanggulangi kemiskinan, di antaranya:
1) Meningkatkan sumber daya ekonomi yang dimiliki penduduk miskin
2) Memberikan program penyuluhan dan pembekalan keterampilan
3) Menyediakan pasar-pasar bagi penjualan produksi penduduk

Permasalahan Kependudukan Berkaitan dengan Kuantitas dan Kualitas Penduduk


Kualitas penduduk yang diuraikan sebelumnya yang berpengaruh terhadap kemiskinan, ternyata juga berpengaruh pada kesehatan penduduk. Kemiskinan akan berdampak pada kesehatan. Penduduk miskin cenderung memiliki pola hidup kurang bersih dan tidak sehat. Kondisi kehidupan yang memprihatinkan mengharuskan penduduk miskin bekerja keras melebihi standar kerja penduduk yang lebih mampu, sehingga mengesampingkan aspek kesehatannya. Ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar secara layak berdampak pada kesehatan mereka. 
Untuk menanggulangi masalah kesehatan tersebut dapat dilakukan dengan:
1) Peningkatan gizi masyarakat
2) Pelaksanaan imunisasi
3) Penambahan fasilitas kesehatan
4) Penyediaan pelayanan kesehatan gratis
5) Pengadaan obat generik
6) Penambahan jumlah tenaga medis
7) Melakukan penyuluhan tentang arti pentingnya kebersihan dan pola hidup sehat

Rendahnya tingkat kesehatan penduduk dan tingginya angka kekurangan gizi masyarakat, secara umum dapat berdampak pada rendahnya daya pikir dan kemampuan kerja penduduk. Oleh sebab itulah pada sebagian besar negara-negara berkembang dan negaranegara miskin, kualitas SDM-nya masih rendah, baik dalam pengetahuan maupun keterampilan. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab tingginya angka pengangguran. Karena pada umumnya penduduk-penduduk tersebut sulit tertampung di dunia kerja.
Untuk menanggulangi masalah pengangguran diperlukan dua usaha penanggulangan, yakni usaha perbaikan kualitas SDM dan penciptaan lapangan kerja. Adapun usaha-usaha tersebut, antara lain:
1) Peningkatan keterampilan kerja masyarakat
2) Pembentukan Tenaga Kerja Muda Mandiri Profesional
3) Pelaksanaan padat karya
4) Penciptaan iklim usaha dan investasi yang kondusif

Bahkan akan memancing investor asing untuk berinvestasi dan membuka usaha di Indonesia. Dengan demikian akan dapat menambah lapangan pekerjaan baru.


0 Response to "Permasalahan Kependudukan Berkaitan dengan Kuantitas dan Kualitas Penduduk"

Posting Komentar