Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Kamboja

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Kamboja - Kerajaan Kamboja adalah sebuah negara berbentuk monarki konstitusional diAsia Tenggara. Negara inimerupakan penerus KekaisaranKhmer yang pernah menguasai seluruh Semenanjung Indochina antara abad ke-11 dan 14.



Letak, Batas, Luas Kamboja
1) Letak
Letak astronomis negara Kamboja diantara 10º LU - 14º LU dan 104º BT - 108º BT
2) Batas
Batas Geografis negara Kamboja adalah sebagai berikut:
Sebelah Utara : Laos
Sebelah Barat : Thailand
Sebelah Timur : Vietnam
Sebelah Selatan : Vietnam dan Teluk Siam

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Kamboja


3) Luas
Luas wilayah negara Kamboja adalah 181.035 Km2.



Bentang Alam Kamboja
Bentang alamKambojamenyerupai piring. Di bagian tengah terdapat Dataran Besar Tonle Sap. Bagian tepinya dikelilingi oleh pegunungan, yaitu Pegunungan Dong Rak di utara, Pegunungan Cardamon di barat, PlatoRotanoKiri dan PlatoMondolKiri di timur. Puncak tertinggi adalah Gunung PhnumAoral (1.771 m).

Kamboja dialiri oleh sungai Mekong. Sungai Mekong mempunyai arti penting bagi rakyat Kamboja karena menjadi sumber kehidupan dan menguasai perekonomian rakyat, mengairi daerah-daerah pertanian, menyuburkan daerah yang dilaluinya karena endapannya, menampung kelebihan air Danau Tonle Sap di musim hujan, dan menjadi jalur lalu lintas penting dari laut ke Phnom Penh.



Iklim Kamboja
Iklim Kamboja adalah tropis dengan musim kemarau November – Mei dan musim penghujan Juni – Oktober.



Keadaan Penduduk Kamboja
PendudukKamboja pada tahun 2006 berjumlah 14, 1 juta jiwa dengan kepadatan 78 jiwa/km2. Dilihat dari segi etnis, suku Khmer merupakan etnis terbanyak (88%), disusul etnis Cina dan Vietnam. Sebagian besar penduduk Kamboja tinggal di pedesaan. Bahasa resmi yang digunakan negara Kamboja adalah bahasa Khmer. Adapun agama yang banyak dianut penduduk Kamboja adalah Budha Theravada yang berasal dari India. Agama lain adalah Islam, Katholik, Hindu danAnimisme.

0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam dan Penduduk Kamboja"

Posting Komentar