Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam Penduduk Meksiko

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam Penduduk Meksiko – Adalah Nama negara ini diambil dari nama ibu kotanya, yang berasal dari nama ibu kota kuno Aztec yaitu Mexico-Tenochtitlan. Mexi ialah sebagian nama Mexitli, yaitu nama dewa perang, sedangkan co bermakna ‘tempat’ dan ca berarti ‘orang’.


Letak, Batas dan Luas Negara Meksiko

1) Letak
Secara astronomis Meksiko terletak antara 15oLU – 32oLU dan 87oBB – 117oBB.
2) Batas
Batas-batas Meksiko adalah sebagai berikut:
- Batas utara :Amerika Serikat.
- Batas timur : TelukMeksiko, Laut Karibia, Belize, dan Guatemala.
- Batas selatan : Samudra Pasifik.
- Batas barat : Samudra Pasifik.

Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam Penduduk Meksiko


3) Luas
Luas negara Meksiko hampir sama dengan Indonesia, yaitu 1.972.549 km2.


Bentang Alam Negara Meksiko

1) Pegunungan
Wilayah Meksiko sebagian besar berupa pegunungan dan dataran tinggi. Di bagian tengah terdapat Plato Tengah, dikelilingi oleh tiga kisaran pegunungan besar, yaitu Pegunungan Sierra Madre Timur (Sierra Madre Oriental) yang merupakan perpanjangan sebelah selatan Pegunungan Rocky dari Amerika Serikat, Pegunungan Sierra Madre Barat (Sierra Madre Occidental) yang merupakan kelanjutan Pegunungan Sierra Nevada di California, dan Pegunungan Sierra Madre Selatan (Sierra Madre del Sur) yang membentang sampai ke Tanah Genting Tahuantepec.

2) Gunung
Gunung api di Meksiko, antara lain Citlatepetl (5.700 m) merupakan puncak tertinggi di Meksiko, Popocatepetl (5.450 m), Ixtacihuatl (5.286 m), Nevada de Teluca (4.492 m), Nevada de Colima (4.330 m), Cofre de Perote, (4.280 m), dan Paricutin (2.808m).

3) Dataran dan gurun
Di sebelah timur terdapat dataran pantai Teluk Meksiko yang cukup luas dari perbatasan Texas (AS) sampai ke Semenanjung Yucatan. Di sebelah barat terdapat dataran Pantai Samudra Pasifik yang lebih sempit daripada di timur. Di wilayah ini terdapat Semenanjung California. Di barat laut Meksiko terdapat Gurun Sonora.

4) Sungai
Sungai-sungai penting diMeksiko, antara lain SungaiColorado, Yaquer, Fuerte, San Pedro Mexquital, Lerma, Santiago, dan Balsas yang bermuara di Samudra Pasifik serta sungai RioGrande del Norte (2.800 m) berada di perbatasan dengan Amerika Serikat ,merupakan sungai terbesar dan terpanjang di Meksiko yang mengalir ke Teluk Meksiko.


Iklim Negara Meksiko

Wilayah Meksiko membujur dari utara ke selatan, sehingga memiliki tiga iklim yang beragam, yaitu:
1) di bagian utara beriklimsubtropis,
2) di tengah beriklim kontinental, dan
3) bagian selatan beriklim tropis.

Ketinggian daerah yang berbeda-beda merupakan faktor penting yang menyebabkan perbedaan yang jelas antara lahan dan vegetasi.

Berdasarkan ketinggiannya, wilayah Meksiko terbagi atas beberapa kawasan, yaitu sebagai berikut:
1) Zona panas (tierra calienta), ketinggian 0 – 750 m, ditanami jagung, cokelat, kapas, dan nanas.
2) Zona sedang (tierra templada), ketinggian 750 – 1.825 m, ditanami gandum, jagung, dan kopi.
3) Zona dingin (tierra fria), ketinggian 1.825 – 3650m, ditanami kentang, barley, dan kina.
4) Zona beku (tierra helada), ketinggian di atas 3.650 m, tidak ada tanaman budi daya.

Angin pasat timur laut yang berembus diTeluk Meksikomenurunkan hujan deras di lereng timur Pegunungan Sierra Madre Timur. Tetapi Semenanjung Yucatan yang datar dan rendah letaknya kurang mendapatkan hujan, sebab angin itu tidak terpaksa naik. Bagian-bagian yang cukup mendapat hujan sepanjang tahun ialah bagian pesisir timur dari Tampico ke selatan dan pesisir Samudra Pasifik dari Tanah Genting Tahuantepec ke tenggara.

Bagian barat laut dan utara Meksiko merupakan tanah gurun. Di dataran rendah suhu rata-rata 27oC, tetapi di pegunungan suhunya kadang rendah sekali bahkan sampai pada titik beku. Hal ini disebabkan pula oleh angin dingin yang berembus di bagian utara Amerika (Northern) jauh ke selatan sampai Mexico City.

0 Response to "Letak Batas Luas Iklim Keadaan alam Penduduk Meksiko"

Poskan Komentar