Lithosfer dan Pedhosfer

Lithosfer dan Pedhosfer


1. Tenaga endogen adalah tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari dalam. Tenaga endogen dipengaruhi oleh gejala vulkanisme dan tektonisme. Tenaga eksogen adalah tenaga pembentuk muka bumi yang berasal dari luar. Tenaga eksogen dipengaruhi oleh angin, air, dan gletser.

2. Patahan terjadi karena terjadinya retakan suatu bentangan. Patahan lapisan bumi dapat terjadi jika terdapat kekosongan isi lapisan kerak bumi.

3. Lipatan terjadi karena adanya desakan magma kemudian menimbulkan gerakan pada lapisan bumi. Dari gerakan lapisan bumi ini maka menimbulkan tekanan dan tarikan sehingga lapisan-lapisan bumi akan mengalami penggelombangan bahkan terjadinya perlapisan. Proses perlipatan akan terjadi pada lapisan yang memiliki struktur batuan yang tidak kompak.

4. Gempa bumi adalah getaran di permukaan tanah yang disebabkan oleh terjadinya gerakan permukaan bumi.

5. Terdapat empat macam faktor yang memengaruhi terjadinya pelapukan batuan, yaitu keadaan struktur batuan, topografi, iklim, dan vegetasi dari suatu wilayah.

6. Faktor pembentuk tanah terdiri atas iklim (suhu dan curah hujan), organisme, bahan induk, dan waktu.

7. Struktur tanah merupakan gumpalan-gumpalan kecil dari tanah sebagai akibat melekatnya butir-butir tanah. Struktur tanah meliputi lempeng (platy), prisma (prismatic), tiang (columnar), gumpal bersudut (angular blocky), gumpal membulat (sub angular blocky), granuler (granular), dan remah (crumb).

8. Kerusakan tanah disebabkan beberapa hal, antara lain perusakan hutan, proses kimiawi air hujan, proses mekanis air hujan, dan tanah longsor.

9. Metode pengawetan tanah dibagi menjadi tiga, yaitu metode vegetatif, metode mekanik, dan metode kimiawi.

0 Response to "Lithosfer dan Pedhosfer"

Poskan Komentar