Jagad Raya dan Tata Surya

Jagad Raya dan Tata Surya


1. Asal muasal dan rahasia mengenai bagaimana terbentuknya jagat raya dikemukakan melalui beberapa teori dari para ahli, yaitu terdiri atas Teori Ledakan Besar (Big Bang Theory) dan Teori Mengembang dan Memampat (The Oscillating Theory).

2. Berdasarkan bentuknya, galaksi dibedakan menjadi tiga bentuk utama, yaitu Galaksi Spiral (Spiral Galaxy), Galaksi Elips (Elliptical Galaxy), dan Galaksi Tidak Beraturan (Irregular Galaxy).

3. Dua belas rasi bintang yang berada di sekitar ekliptika adalah Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, Capricornus, Aquarius, dan Pisces.
4. Teori-teori tentang proses terbentuknya sistem tata surya dapat dikelompokkan menjadi beberapa teori, yaitu Teori Nebula (Kant dan Laplace), Teori Planetesimal (Moulton dan Chamberlain), Teori Pasang Surut (Jeans dan Jeffreys), Teori Bintang Kembar (Lyttleton), dan Teori Awan Debu ( Von Weizsaecker dan G.P. Kuiper).

5. Benda-benda angkasa yang termasuk kedalam struktur utama dari sistem tata surya (solar system) adalah Matahari (The Sun), Planet-Planet (The Planets), Bulan (The Moon) dan satelit lainnya, Asteroid, serta Komet.

6. Teori-teori mengenai terbentuknya kulit bumi yang dikemukakan para ahli, antara lain Teori Kontraksi (Contraction Theory), Teori Dua Benua (Laurasia-Gondwana Theory), Teori Pengapungan Benua (Continental Drift Theory), Teori Konveksi (Convection Theory), dan Teori Lempeng Tektonik (Tectonic Plate Theory).

0 Response to "Jagad Raya dan Tata Surya"

Poskan Komentar