Dinamika Perubahan Pedosfer

Dinamika Perubahan Pedosfer - Hari ini kita akan membahas materi tersebut. Silahkan simak materi dibawah ini.



1. Pengertian Pedosfer
Pedosfer adalah lapisan paling atas dari permukaan bumi tempat berlangsungnya proses pembentukan tanah. Secara sederhana pedosfer diartikan sebagai lapisan tanah yang menempati bagian paling atas dari litosfer. Tanah (soil) adalah suatu wujud alam yang terbentuk dari campuran hasil pelapukan batuan, bahan anorganik, bahan organik, air, dan udara yang menempati bagian paling atas dari litosfer. Ilmu yang mempelajari tanah disebut Pedologi, sedangkan ilmu yang secara khusus mempelajari mengenai proses pembentukan tanah disebut Pedogenesa.

Dinamika Perubahan Pedosfer




Ada beberapa faktor penting yang memengaruhi proses pembentukan tanah, antara lain iklim, organisme, bahan induk, topografi, dan waktu. Faktor-faktor pembentuk tanah tersebut akan diuraikan lebih lanjut dalam penjabaran sebagai berikut.

a. Iklim
b. Organisme (Vegetasi dan Jasad Renik)
c. Bahan Induk
d. Topografi/Relief
e. Waktu


Profil tanah adalah penampang melintang (vertikal) tanah yang terdiri atas lapisan tanah (solum) dan lapisan bahan induk. Adapun solum tanah adalah bagian dari profil tanah yang terbentuk sebagai akibat proses pembentukan tanahWarna, Tekstur, dan Struktur Tanah

Warna tanah merupakan petunjuk untuk beberapa sifat tanah. Faktor penyebab adanya perbedaan warna permukaan tanah pada umumnya terjadi karena perbedaan kandungan bahan organik. Semakin tinggi kandungan bahan organik, berarti semakin gelap warna tanah. 

Tektur tanah menunjukkan kasar halusnya butiran tanah. Berdasarkan per ban dingan banyaknya butir-butir pasir, debu, dan liat di dalam tanah terdapat dua belas kelas tekstur tanah.

Struktur tanah merupakan gumpalan-gumpalan kecil dari tanah akibat melekatnya butir-butir tanah satu sama lain.


Jenis tanah yang terdapat di Indonesia bermacam-macam, antara lain sebagai berikut.
a. Litosol
b. Aluvial
c. Regosol
d. Andosol atau Tanah Gambut atau Tanah Organik
e. Latosol
f. Grumosol
g. Podsol
h. Andosol



Sekian materi mengenai Dinamika Perubahan Pedosfer dari Geografisku, semoga bermanfaat.

0 Response to "Dinamika Perubahan Pedosfer"

Posting Komentar