Dampak Perubahan Litosfer terhadap Kehidupan

Dampak Perubahan Litosfer terhadap Kehidupan - Perubahan litosfer yang akan dibahas di sini adalah perubahan yang mengarah kepada kerusakan di muka bumi yang dinamakan juga sebagai degradasi. Degradasi adanya penurunan kualitas maupun pe rusakan yang terjadi pada lahan.

Penebangan hutan yang semena-mena merupakan penyebab utama degradasi lahan. Selain itu, tidak terkendali dan terencananya pe nebangan hutan secara baik merupakan bahaya ekologis yang paling besar.

Dampak Perubahan Litosfer terhadap Kehidupan


Selain penebangan hutan, degradasi lahan juga diakibatkan oleh adanya erosi yang memiliki beberapa akibat buruk. Pertama, penurunan kesuburan tanah, dan kedua, menurunnya produksi sehingga akan mengurangi pendapatan petani.

Materi terkain mengenai Dinamika Perubahan Lithosfer ini mungkin dapat bermanfaat.

Erosi tanah dapat terjadi karena adanya curah hujan yang tinggi, vegetasi penutup lahan yang kurang, kemiringan lereng yang curam, dan tata guna lahan yang kurang tepat. Pendangkalan sungai untuk mengalirkan air juga berkurang dan menyebabkan bahaya banjir. Pen dangkalan saluran pengairan mengakibatkan naiknya dasar saluran sehingga mengurangi luas lahan pertanian yang mendapat aliran irigasi.

Kerusakan sumber daya air selain oleh banjir dan erosi juga terjadi akibat kekeringan dan pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Kerusakan sumber daya tanah dan air merupakan masalah yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya. Kedua sumber daya tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan makhluk hidup di permukaan bumi.



Sekian materi mengenai Dampak Perubahan Litosfer terhadap Kehidupan dari Geografisku, semoga bermanfaat.

0 Response to "Dampak Perubahan Litosfer terhadap Kehidupan"

Posting Komentar